diesel pump

Inilah Beberapa Tips Perawatan Diesel Pump

Seperti yang telah kita ketahui bersama, diesel pump merupakan bagian terpenting yang mentenagai kendaraan bermotor. Karena komponen terebut sangat penting, maka tidak heran banyak pemilik mobil yang memberikan perhatian khusus pada komponen yang satu ini. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui tentang perawatan mesin. Oleh karena itu, banyak pemilik mobil beranggapan bahwa kendaraan yang menggunakan diesel pump memiliki perawatan yang tidak mudah dan memakan biaya. Berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat komponen ini agar kendaraan Anda lebih tahan lama.

diesel pump

Contoh Diesel Pump Mesin

Tips Perawatan Diesel Pump

  1. Bersihkan dari debu

Salah satu musuh alami diesel pump adalah debu. Debu ini biasanya masuk ke dalam mesin melalui filter udara. Untuk mencegah agar debu masuk ke dalam mesin, pemilik mobil disarankan untuk membersihkan filter udara minimal setiap kali digunakan untuk perjalanan jauh 20 km. Apabila debu berhasil masuk ke dalam ruang mesin, maka hal tersebut akan mempercepat proses keausan pada ruang bahan bakar. Debu akan menjadi butiran yang mengasah silinder dengan piston.

  1. Ganti oli secara berkala
Artikel Lainnya :  Harga Isuzu Panther di Pasaran Jawa dan Bali

Penggantian pelumas atau oli pada mobil yang memanfaatkan mesin diesel pump juga sangat penting untuk dilakukan secara berkala. Penggantian pelumas ini sebaiknya dilakukan minimal setiap kali kendaraan telah menempuh perjalanan sejauh 5.000 km. Proses penggantian oli ini akan lebih baik lagi apabila dilakukan bersamaan dengan penggantian filter. Penggantian oli dan filter mesin dimaksudkan agar diesel pump dapat bekerja dengan stabil. Mesin yang stabil akan dapat memberikan performa berkendara yang nyaman.

  1. Panaskan kendaraan sebelum digunakan

Hindari kebiasaan menjalankan kendaraan yang menggunakan diesel pump sebelum dilakukan pemanasan terlebih dahulu. Durasi proses pemanasan ini sebaiknya dilakukan selama kurang lebih lima menit. Mesin jenis ini terkenal karena karakteristiknya yang dapat memberikan performa terbaik ketika sudah panas. Akan tetapi, performa terbaik tersebut akan dapat menurun secara drastis ketika mesin sudah terlalu panas. Dalam keadaan tersebut, biasanya mesin menjadi mogok karena proses pengembunan yang terjadi pada karburator. Hal ini tentunya akan mengganggu proses pembakaran pada ruang mesin.

  1. Cek accu dan battery secara rutin
Artikel Lainnya :  Bengkel Diesel Kiat-Kiat Membuka Usaha Servis

Bagian penting dari kendaraan bermesin diesel pump yang harus diperhatikan adalah battery atau accu serta kabel-kabel yang ada di dalamnya. Cek secara berkala accu dan kabel-kabel tersebut untuk memastikan komponen terebut bekerja dengan normal. Kendaraan yang menggunakan mesin jenis ini secara teknis memang masih dapat berjalan tanpa kedua komponen terebut. Akan tetapi, untuk menyalakan kendaraan, mobil tersebut perlu ditarik terlebih dahulu. Tentunya proses tersebut tidak efektif ketika Anda perlu menggunakan kendaraan secara rutin atau sedang terburu-buru.

Kendaraan yang menggunakan mesin diesel pump memang berbeda dengan mesin konvensional. Kelemahan utama mesin tersebut adalah fenomena masuk angin. Fenomena ini terjadi apabila udara masuk ke dalam silinder. Peristiwa ini disebabkan oleh posisi yang tidak sejajar antara pompa bahan bakar dengan tangki solar. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengisi kembali bahan bakar kendaraan ketika bahan bakar yang tersisa hanya tinggal seperempat kapasitas tangki. Untungnya mesin diesel saat ini sudah menggunakan teknologi yang lebih baik untuk mengurangi potensi fenomena masuk angin tersebut.

Artikel Lainnya :  Bengkel Diesel Di Bandung - Perawatan mobil diesel anda agar lebih bertenaga dan irit

Tips di atas dapat membantu Anda dalam menjaga kinerja diesel pump pada kendaraan Anda. Akan tetapi, apabila sudah terlanjur rusak dan bermasalah, Anda dapat mengunjungi AB Moor yang berada di Bandung. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai perawatan diesel pump, Anda dapat mengeceknya menghubungi kontak AB motor yang tertera pada website resminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.